Cara menggunakan hashtags untuk optimasi sosial media — Apakah Anda sudah menggunakan hashtags di akun sosial media Anda? Hashtags bisa membantu untuk meningkatkan jangkauan sebuah postingan di sosial media namun juga bisa membuat citra akun sosial media Anda menjadi buruk.

hashtag social media

Ketika Anda menggunakan hashtags dengan benar maka akan meningkatkan jangkauan dari sebuah postingan, meningkatkan jumlah share, like, menambah followers dan meningkatkan traffic pengunjung website. Namun jika menggunakannya dengan cara berfikir yang salah bisa membuat Anda tampak seperti spam dan malah akan menurunkan kredibilitas brand Anda.

Sebagai panduan penggunaan hashtags yang benar dan untuk menambah pengetahuan Anda seputar strategi posting di sosial media, Anda bisa mengikuti aturan mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan yang sesaat lagi akan kita bahas.

Sejarah singkat hashtags

Pada tahun 2007 Chris Messina memperkenalkan hashtag ke Twitter, Dua tahun kemudian pada tahun 2009 Twitter secara resmi meluncurkan hashtag sebagai sebuah fitur baru mereka.

Google mulai menggunakan hashtag di jejaring sosial mereka pada tahun 2012. Kemudian Facebook pada tahun 2013 memperkenalkan penggunaan hashtag.

Hingga sekarang sudah banyak sekali situs sosial media yang menggunakan hashtag, dan berbagai hashtag juga sudah dibuat oleh para pengguna dalam postingan mereka.

Cara memilih hashtag yang potensial

Menggunakan hashtag tentu bisa sesuka hati kita, namun untuk mendapatkan keuntungan lebih dari penggunaan hashtag tersebut tentu kita hasu pandai memilih hashtag yang benar dan potensial untuk menggaet minat orang lain. Berikut ini beberapa cara memilih hashtags.

  1. Apa yang sedang trend. Temukan apa hashtag yang paling sering digunakan oleh para pengguna sosial media selama 30 hari terakhir.
  2. Manfaatkan website hashtags.org. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai alat termasuk situs yang menyediakan rangkuman hashtag yang sedang trend saat ini.
  3. Twitonomy. Anda bisa menggunakan personal hashtags yang serupa dengan konten yang Anda miliki.

– Baca juga: 70+ Hashtag Terpopuler di Instagram

Cara membuat hashtag yang sempurna

Hashtag bisa mendatangkan banyak keuntungan jika kita bisa menggunakannya dengan cara yang benar, pastikan hashtag yang Anda gunakan memorable atau mudah diingat oleh orang lain, selain itu hashtag juga kalau bisa harus unik, namun sebisa mungkin tetap relevan dengan konten yang ingin Anda sampaikan.

Lalu yang tidak kalah penting yaitu hashtag harus tetap dibuat dengan simple namun spesifik.

Jumlah hashtag dalam sebuah postingan

Menggunakan hashtag harus proporsional, dan jangan sampai mengganggu postingan itu sendiri. Lalu berapa banyak hashtag yang harus digunakan? Simak ulasan berikut.

Engagement di Twitter akan berkurang sebanyak 17% jika menggunakan 3 hashtags, namun sebaliknya engagement akan meningkat sebanyak 21% jika hanya menggunakan 1-2 hashtag saja. Jadi untuk di Twitter sebaiknya jangan menggunakan terlalu banyak hashtag.

Foto yang di upload ke Instagram jika menggunakan menggunakan 11 hashtag atau lebih akan mendapatkan lebih banyak interaksi, namun ingat jangan sampai melakukan spam hashtag ya.

Postingan di Facebook sebaiknya gunakan 1-2 hashtag saja. Coba untuk menggunakan satu hashtag yang sedang populer dan satu lagi hashtags buatan sendiri yang terkait dengan brand Anda atau isi postingan Anda.

Facebook = #custom + #popular

Gunakan 1 atau 2 hashtag di Pinterest. Pinterest biasanya digunakan untuk mencari konten dengan kategori tertentu, jadi gunakan hashtag spesifik Anda yang unik untuk membantu pengguna Pinterest menemukan konten milik Anda.

Sosial media lain

Sosial media lain tidak jauh berbeda dengan yang sudah kita bahas diatas, gunakan maksimal empat hashtags saja untuk hasil yang lebih maksimal.

Jangan lakukan ini saat menggunakan hashtag

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari penggunaan hashtag ini sebaiknya jangan lakukan hal-hal berikut ini.

  1. Jangan gunakan spasi atau karakter pemisah kata.
  2. Jangan gunakan simbol @ di hashtag.
  3. Jangan gunakan hashtag jika akun Anda di setting private.
  4. Jangan buat hashtag yang terlalu panjang.
  5. Jangan gunakan terlalu banyak hashtag sekaligus.
  6. Jangan melakukan spam hashtags.

Cara terbaik menggunakan hashtag

Sebaiknya ikuti aturan pengguaan yang direkomendasikan dibawah ini jika Anda ingin lebih berhasil dalam penggunaan hashtag di sosial media.

  1. Gunakan sosial media yang ingin Anda capai
  2. Gunakan hashtag secara konsisten untuk melakukan branding
  3. Lakukan promosi berdasarkan hashtag yang digunakan
  4. Buat hashtag yang mudah diingat namun singkat
  5. Gunakan huruf besar pada huruf pertama dalam setiap kata
  6. Gunakan dan berpartisipasi di Twitter chats

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan ketika menggunakan hashtag di sosial media.