Bagaimana cara mengetahui nama negara atau kode negara dari sebuah IP address? kita bisa menggunakan PHP untuk mengetahui nya.

Apa gunanya mengetahui nama atau kode negara bahkan nama kota asal dari sebuah IP? Gunanya sangat banyak, untuk sebuah website, dengan mengetahui IP address pengunjungnya dia bisa mencatat dari negara mana saja pengunjung website tersebut, dan lebih lengkapnya dari kota mana dia mengakses website tersebut. Hasilnya bisa digunakan untuk membuat statistik pengunjung atau kepentingan lain dari website tersebut.

ip address

Image Source

Kali ini kita akan mencoba menggunakan API dari http://freegeoip.net untuk mempermudah. Kebetulan ada fungsi yang bisa digunakan secara cuma untuk lebih memudahkan kita, silahkan download function nya di sini.

Fungsi diatas mengambil data dari webste freegeoip.net dalam bentuk json.

Untuk menggunakan nya sangat mudah, kita cukup menyertakan (include) filenya dan panggil fungsi nya. Sangant mudah, cuma seperti ini:

<?php
	include 'getGeoIP.freegeoip.net.php';

	$ip = '202.62.16.188'; // Ip address yang ingin di cek
	$userGeoData = getGeoIP($ip); 

	echo "IP: " .$ip. '
';
	echo "Kode Negara: " .$userGeoData->country_code. '
';
	echo "Nama Negara: " .$userGeoData->country_name. '
';
	echo "Kota: " .$userGeoData->city;
?>
Cara include file dan menggunakan function

Kalau dijalankan hasilnya adalah seperti berikut ini

ip address

Sekian tutorial kali ini, semoga tutorial sederhana ini bisa memancing kreativitas anda untuk menggunakan nya lebih jauh lagi dan untuk hal lebih berguna lain nya untuk website yang anda buat.