Cara mengetahui jenis font dari sebuah gambar atau website — Ada banyak sekali font di Internet, ada yang gratis maupun berbayar. Dan desainer biasanya akan mencari font yang bagus untuk menunjang tampilan desain yang dia buat. 

Terkadang ketika kita melihat sebuah desain hasil karya orang lain yang bagus, kita jadi terinspirasi untuk membuat hal yang sama, atau menggunakan font yang sama dengan yang dia gunakan. Namun sayangnya font tersebut sudah menjadi gambar(jpg,png & lainnya) dan sulit untuk diketahui apa jenisnya. Berbeda dengan font yang ada di website yang bisa di lihat script nya, nanti akan diketahui jenis font nya.

Nah untuk Anda yang kesulitan mengetahui jenis font dari sebuah gambar, maka Anda bisa mencoba website-website berikut ini.

1. Font Matcherator

Font Matcherator

Font Matcherator (Image: Twitter.com)

Upload sebuah gambar yang ada tulisannya, maka mereka akan mengetahui jenis font nya. Begitu menurut tagline yang ada di website Font Matcherator.

2. WhatTheFont

WhatTheFont

WhatTheFont (Image: vandelaydesign.com)

WhatTheFont adalah salah satu tool yang paling bagus untuk mengetahui jenis font dari sebuah gambar, dengan alat ini Anda cukup upload gambar tersebut, baik JPG, PNG, GIF, dengan ukuran maksimumnya 2MB dan nanti sistem mereka akan menganalisa dan membantu Anda mengetahui jenis font yang ada di gambar tersebut.

3. Identifont

identifont

Identifont ini agak berbeda dengan WhatTheFont, karena mereka bekerja dengan cara menanyakan beberapa pertanyaan terkait font yang Anda cari. Alat ini tentu berguna jika Anda tidak memiliki sample gambar dari font tersebut.

4. Flickr Typeface Identification

Ternyata Flickr bukan hanya soal foto-foto, namun bisa digunakan untuk mengidentifikasi font, hal ini karena Flickr memili group yang didedikasikan untuk mencari jenis font tertentu dengan nama Flickr Typeface Identification, selain itu disitu terdapat beberapa gambar yang sudah diidentifikasi jenis font nya.

5. WhatFontIs

WhatFontIs

WhatFontIs (Image; vandelaydesign.com)

Hampir sama cara kerjanya dengan tools yang lain, di website WhatFontIs ini anda juga cukup mengupload sebuah gambar yang ada teks nya nanti akan diketahui jenis font nya.

6. Fount

Fount adalah font yang dikhususkan untuk mengetahui jenis font yang digunakan oleh sebuah website, Fount merupakan sebuah addon untuk browser, jadi anda cukup menginstall fount, dan nanti Anda akan bisa mengetahui font apa yang digunakan oleh setiap website yang Anda kunjungi.

7. FontFace Ninja

fontfaceninja

Ketika Anda mengunjungi sebuah website dan ingin mengetahui font yang digunakan pada website itu, maka Anda bisa memanfaatkan FontFaceNinja, fungsinya sama dengan Faunt.