Cara mencari gambar gratis secara legal di Google – Gambar menjadi elemen yang sangat penting untuk sebuah website, sebuah desain. Hal penting ini biasanya terlihat pada sebuah artikel, sebuah artikel yang menarik biasanya disertai sebuah gambar pelengkap.

gambar gratis di google

Mencari gambar gratis di Google (Image: Youtube)

Gambar bisa memiliki banyak kegunaan, khususnya untuk sebuah website gambar bisa berfungsi untuk hal-hal berikut ini.

  • Gambar bisa memberikan warna untuk website
  • Gambar bisa membuat konten Anda mudah di ingat
  • Gambar bisa memotong/melengkapi artikel sehingga pembaca tidak bosan
  • Gambar bisa dijadikan featured image untuk ringkasan artikel
  • Gambar berguna juga ketika artikel akan di share ke sosial media
  • Gambar bisa menggambarkan emosi
  • Gambar bisa meningkatkan SEO website Anda
  • dsb…

Tidak semua media website memiliki tim fotografer yang bisa mengambil gambar-gambar untuk keperluan desain maupun artikel di websitenya.

Biasanya yang tidak memiliki fotografer pribadi, maka harus membeli sebuah gambar di situs jual beli foto yang banyak tersedia di Internet agar bisa mendapatkan gambar yang legal.

Bagi yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk sebuah gambar, biasanya mereka akan mencari gambar gratis di situs penyedia gambar atau stok foto gratis. Ada juga yang mencari di situs Google Image Search.

– Baca juga: 100+ Website Penyedia Stok Foto Gratis Untuk Desainer dan Blogger

Mencari gambar di Google Image Search tidak bisa juga sembarangan, karena gambar-gambar yang ditampilkan oleh Google bukan berarti semua bisa Anda gunakan secara gratis, Anda perlu melihat lebih detail apakah gambar tersebut boleh digunakan secara bebas oleh pemiliknya atau tidak.

Untuk Anda yang benar-benar ingin mencari gambar gratis yang legal dari situs Google Image Search, maka Anda bisa melakukan beberapa settingan di menu Advanced Search yang disediakan oleh Google.

Berikut ini cara mencari gambar gratis di Google Image Search secara legal.

1. Pertama buka Google Image Search

google image search

2. Klik ikon Gear yang ada di bagian kanan atas, lalu pilih Advanced Search.

google image search

3. Setelah terbuka, scroll kebagian bawah hingga Anda menemukan bagian usage rights, klik pada pilihan yang ada dibagian kanannya dan pilih sesuai dengan keperluan Anda, jika Anda ingin menggunakan gambar untuk hal komersial, maka Anda bisa pilih free to use or share, even commercially atau free to use or share, modify, even commercially.

google image search

4. Lalu klik tombol Advanced Search

google image search

Sesaat setelah itu gambar-gambar yang Anda cari akan muncul, dan gambar tersebut bisa Anda gunakan secara bebas.

google image search

5. Untuk memastikan apakah gambar tersebut benar-benar gratis, maka Anda bisa melakukan pengecekan kedua melalui beberapa situs lain, seperti situs TinEye, Anda tinggal masukan gambar/URL gambar yang Anda dapatkan tersebut, nanti TinEye akan memberikan informasi tentang gambar-gambar lain yang berkaitan.

google image search

Itulah cara sederhana mencari gambar yang benar gratis dari situs Google, gambar yang legal tentu bisa mengurasi resiko terkena plagiarisme.

Semoga artikel ini bisa berguna untuk kita semua

Sumber & gambar: searchenginewatch