Cara membuat SIM Online | Terobosan baru dilakukan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) dengan mengumumkan layanan pembuatan SIM Online. Dengan terobosan baru ini, masyarakat bisa membuat atau memperpanjang SIM mereka dengan lebih mudah dan praktis.

sim online

SIM Online (Image: sim-stnk-skck.kepolisian.com)

Sistem ini sebenarnya sudah diterapkan pada tahun lalu namun hanya untuk proses perpanjangan SIM lama. Namun sekarang, proses pembuatan SIM baru juga sudah bisa dilakukan secara online.

Hal menarik lainnya adalah pendaftaran SIM online bisa dilakukan tidak berdasarkan domisili. Kapolri Tito Karnavian mengatakan proses pendaftaran SIM online harus menggunakan e-KTP dengan pembayaran menggunakan ATM atau EDC.

Selain merilis SIM Online, dalam waktu yang sama Korlantas Polri juga meluncurkan e-Tilang dan e-Samsat. Berbagai kemajuan yang dilakukan ini diharapkan bisa semakin meningkatkan kualitas penegakan hukum terkait pelanggaran lalu lintas.

Cara Membuat SIM Online

Lalu bagaimana tata cara pembuatan SIM Online ini? Berikut ini Jurnalweb jabarkan untuk para pembaca tercinta cara membuat SIM Online secara mudah.

  1. Buka halaman website http://sim.korlantas.polri.go.id
  2. Pilih menu pendaftaran SIM Online.
  3. Pilih jenis permohonan, perpanjangan atau pembuatan SIM baru.
  4. Lalu ikuti alur pendaftaran yang ada, isi semua bagian dengan benar sesuai dengan data Anda.
  5. Setelah pendaftaran sukses dilakukan, pemohon bisa langsung melakukan pembayaran melalui ATM, EDC, atau Teller diseluruh lokasi BRI.
  6. Identifikasi dan verifikasi data oleh pihak kepolisian (pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan).
  7. Pemohon akan menjalani ujian teori dan praktek. Jika lulus, SIM baru siap untuk dicetak.

Itulah langkah dan cara membuat SIM Online yang bisa Anda coba jika ingin memuat SIM, semoga proses pembuatan SIM Anda sukses ya, agar tidak ditilang lagi dijalanan :)

Selamat mencoba….