Cara membuat database MySQL dengan PHP — Sudah lama tidak posting tentang bahasa pemrograman ya, kali ini kita akan mempelajari sedikit tentang bagaimana cara membuat database baru di MySQL dengan menggunakan PHP.

PHP MySQL

PHP MySQL (Image:iniod.com)

Membuat tabel MySQL sebenarnya bisa saja dilakukan dengan menggunakan PHPMyAdmin misalnya, namun untuk keperluan pemrograman, misalnya Anda membuat CMS sendiri, tentu proses instalasi CMS tersebut perlu menyertakan script untuk pembuatan database.

Berikut script singkat untuk membuat database MySQL dengan PHP. Proses pembuatan database ini menggunakan ekstensi MySQLi, karena ekstensi MySQL sebelumnya sudah tidak digunakan lagi sejak 2012.

<?php 
# Variables 
$servername = "localhost"; $username = "root"; $password = "password"; # Check Database $db = new mysqli($servername, $username, $password); if($db->connect_error){
	die('Koneksi Gagal: ' . $db->connect_error);
}

# Query SQL to create a new database
$sql = "CREATE DATABASE PerusahaanXYZ";

if ($db->query($sql) === TRUE) {
    echo "Database Sukses Dibuat";
} else {
    echo "Database Gagal Dibuat: " . $db->error;
}
?>

Disitu terlihat bagaima script pertama mencoba melakukan pengecekan database, apakah berhasil terkoneksi atau tidak. Jika koneksi berhasil maka akan dilanjutkan dengan mengeksekusi query MySQL.

Jika proses berhasil maka akan ditampilkan pemberitahuan bahwa database sukses dibuat.

Lanjut: Cara membuat tabel dengan PHP dan MySQL