Cara membuat dan menampilkan custom field WordPress | Jika Anda terbiasa menulis di website yang menggunakan engine WordPress tentu sudah tahu bahwa pada saat menulis artikel baru terdapat berbagai field dasar yang sudah tersedia.

Field tersebut diantasnya adalah Title, Description, Category, Tags, dan sebagainya. Namun terkadang kita memerlukan sebuah field baru untuk menuliskan sesuatu namun belum tersedia di WordPress. Misalnya kita ingin menambahkan sebuah field untuk menuliskan referensi artikel, atau untuk menulis sub judul jika diperlukan.

custom field wordpress

Ilustrasi Custom Field WordPress (Image: wp-types.com)

Oleh karena itu kita perlu untuk menambahkan sebuah custom field baru untuk hal tersebut. WordPress sendiri menyediakan fitur untuk mengaktifkan custom field.

Informasi tambahan yang ditambahkan dengan custom field tersebut disebut sebagai post meta. Meta data ini disimpan pada tabel wp_postmeta di database. Pada tabel wp_postmeta, setiap record merepresentasikan nama dan nilai/value dari sebuah custom field.

Pada tutorial kali ini kita akan mencoba untuk mengaktifkan opsi custom field di halaman admin wordpress dan bagaimana untuk mendapatkan nilai dari custom field tersebut lalu menampilkannya pada theme yang digunakan.

Cara Mengaktifkan Opsi Custom Field di WordPress

Pada halaman admin WordPress, kita bisa mengaktifkan opsi Custom Field checkbox yang ada di menu screen options. Berikut ini tampilan menu screen options, posisinya biasanya ada di bagian kanan atas halaman Admin.

Screen Options Menu WordPress

Screen Options Menu WordPress

Cara Membuat Custom Field di WordPress

Setelah mengaktifkan dengan cara menceklis pada pilihan Custom Field, maka sekarang kita bisa membuat sebuah custom field baru yang diperlukan untuk melengkapi data sebuah tulisan, misalnya saja kita buat dengan nama Referensi.

Contoh lain Anda bisa menambahkan custom field “Harga”, “Merek”, atau data lainnya untuk website penjualan produk.

Berikut ini gambaran ketika menambahkan sebuah custom field dengan nama “Referensi”.

custom field wordpress

Cara Menampilkan Custom Field di Halaman Post WordPress

WordPress menyediakan berbagai fungsi untuk mengakses meta data dan menampilkan mereka dalam sebuah halaman theme. Fungsi berikut akan menampilkan semua meta data dari sebuah post dalam bentuk unordered list HTML.

<?php
the_meta();
//echo HTML code
//<ul class='post-meta'>
//<li><span class='post-meta-key'>Referensi:</span> http://www.jurnalweb.com/cara-backup-database-mysql-dengan-command-line-cpanel/</li>
//</ul>
?>

Jika Anda ingin membaca dan menyimpan meta data ini dalam sebuah variabel terdapat sebuah fungsi alternatif di WordPress yaitu get_post_meta(). Code berikut ini menunjukna bagaimana cara menggunakan fungsi tersebut.

<?php
$key = "Referensi";
$post_meta = get_post_meta($post_id, $key, $single);
echo '<a href="' .  $post_meta . '" target="_blank">' .  $post_meta . '</a>';
?>

Fungsi diatas memiliki tiga parameter. $post_id menyertakan ID postingan, $key berisikan nama custom field. Parameter ketiga yaitu sebuah nilai bolean yang berisikan true atau false.

Jika bernilai TRUE maka fungsi mengembalikan nilai custom tunggal atau yang lain yaitu mengembalikan nilai array yang tersimpan dengan menggunakan nama field khusus yang sama.