Cara memanfaatkan smartphone Android lama agar berguna kembali akan kita bahas pada tulisan kali ini. Ponsel Android selalu saja ada perkembangan, fitur, model dan merek baru muncul hampir setiap minggu dari berbagai vendor.

Hal tersebut tentu saja membuat masyarakat tergiur untuk mencoba dan bahkan memilikinya. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membeli ponsel baru dan tentu saja yang lama jadi tidak terpakai.

Memang ponsel lama bisa dijual, namun sayangnya harganya pasti jatuh dan hal tersebut membuat sebagian orang enggan untuk menjual.

Statistik mengatakan bahwa rata-rata pengguna smartphone melakukan upgrade smartphone nya setiap dua tahun sekali.

Untuk Anda yang memiliki smartphone lama yang mungkin sudah jarang digunakan, berikut ini ada beberapa cara kreatif dalam memanfaatkan smartphone Android lama Anda.

1. Konsol game jadul

Sangat mudah caranya untuk memasang perangkat Android lama Anda dengan televisi melalui Chomecast dari kabel HDMI. Anda dapat mendownload pilihan emulator untuk konsol game klasik Anda. Ada aplikasi dari Super Nintendo untuk Sega Genesis di Android. Anda bisa memasangkan atau mengkoneksikan konsol game bluetooth dengan perangkat Android, dan mulai menikmatinya. Remote kontrol Playstation juga bekerja dengan baik dengan perangkat Android.

2. Komputer desktop

Yap, Anda bisa menginstal perangkat Android lama Anda sebagai komputer desktop. Bahkan smartphone tua lebih kuat daripada yang dimiliki komputer desktop. Anda dapat menginstal Debian atau versi sistem operasi Linux pada perangkat Anda, hubungkan ke menitor. Anda dapat mengkoneksikan dengan keyboard bluetooth, mouse.

3. Alat gym

Perangkat Android lama Anda dapat menjadi alat gym yang ideal. Anda dapat memformat smartphone, menghapus aplikasi yang tidak perlu dan juga data-datanya. Ini akan mengurangi gangguan yang tidak perlu di gym. Anda dapat memanfaatkan perangkat ini sebagai MP3 player saat sedang latihan. Anda bahkan bisa memasangkan itu dengan fitness tracer murah atau smartwatch untuk kemampuan tambahan.

4. WiFi extender

Jika Anda mempunyai sinyal WiFi yang lemah di rumah Anda atau di kantor, Anda dapat memperluas jangkauan sinyal menggunakan perangkat Android lama Anda. Anda perlu menggunakan beberapa aplikasi seperti fqrouter2. Aplikasi ini akan mengambil sinyal dan mengulanginya. Namun, aplikasi ini membutuhkan perangkat Android yang sudah di root.

– Baca juga: Cara Root Android Tanpa PC Untuk Semua Jenis Ponsel

5. GPS mobil

Tidak ada keraguan bahwa Anda dapat menggunakan perangkat Android tua sebagai unit navigasi GPS dengan mobil Anda. Ada sejumlah aplikasi navigasi keren yang tersedia untuk Android (Google Maps, CityMapper, Waze dll) Anda dapat menggunakan perangkat Android tua sebagai unit GPS khusus di mobil Anda. Anda bahkan dapat memasangnya dengan menggunakan kabel aux dan menggabungkan penggunaannya sebagai stereo / MP3 player khusus.

android lama jadul

Android lama (Image: engadget.com

6. Kamera pengaman

Awasi rumah Anda, kantor atau warung dengan mengubah perangkat Anda menjadi kamera pengaman yang terkoneksi dengan web. Anda hanya tinggal mendownload aplikasi IP Webcam yang gratis dan ikuti instruksinya, lalu tunggu beberapa saat, Anda dapat mengintip melalui lensa perangkat Anda dengan menggunakan browser yang kompatibel.

7. Gunakan sebagai senjata darurat

Setiap ponsel dapat melakukan panggilan darurat, bahkan jika itu tidak terhubung ke layanan aktif. Taruh ponsel lama Anda di dalam mobil atau dalam tas travel Anda. Jika sesuatu yang buruk terjadi dan telepon utama Anda mati atau tidak ketemu, Anda masih bisa melakukan panggilan setidaknya ke 911 (jika tinggal di Amerika) atau ke 112 untuk telepon Polda Metro Jaya.

8. Remote PC

Apabila Anda gemar menonton televisi dengan streaming, sekarang Anda bisa dengan mudahnya menggunakan smartphone Anda sebagai remote controlnya. Anda hanya perlu mendownload aplikasi Mobile Mouse Lite (RPA Technology) dan download software servernya di mobilemouse.com (perangkat lunak server adalah komponen penting dan tersedia untuk Mac dan Windows).

9. Backup dan penyimpanan data sementar

Apabila Anda adalah orang yang hobi hunting foto, maka Anda bisa memanfaatkan smartphone lama Anda untuk alat penyimpanan data sementara. Dengan memanfaatkan smartphone lama, Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa laptop ketika hendak melakukan backup data dari kamera. Anda hanya perlu menyiapkan slot kartu mikro SD dengan ukurang yang besar dan kabel data USB.

– Baca juga: 10 Aplikasi Backup Data Android dan iPhone

10. Router nirkabel

Setiap smartphone biasanya dilengkapi dengan kemampuan WiFi, Anda bisa memanfaatkan WiFi hotspot yang tersemat dalam perangkat smartphone yang Anda miliki untuk mengakses internet melalui berbagai perangkat lain seperti PC, laptop, tablet ataupun smartphone baru lainnnya.

11. Gunakan ponsel lama sebagai terminal video chat

Siapa yang membutuhkan telepon ketika Anda memiliki fitur Wi-Fi? Anda bisa mengatur perangkat Android lama Anda dengan aplikasi seperti Google Hangouts dan Skype serta menggunakannya sebagai terminal futuristik untuk bertatap muka sambil berkomunikasi. Anggap saja sebagai perpanjangan tambahan untuk kantor dan ruang tamu.