Cara Input Data ke MySQL Dengan PHPinsert data — Website dinamis biasanya memiliki sebuah database untuk menampung data-data yang diperlukan. Misalnya saja toko online, pasti akan menyimpan banyak data mulai dari nama barang, kode barang, jenis barang, dan lainnya.

input data mysql php

Input data mysql php (Image: gmx.at)

Untuk menyimpan data tentu saja ada proses input data ke database tersebut.

Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara membuat database dan membuat tabel di MySQL dengan PHP, kali ini kita akan lanjut belajar bagaimana cara memasukan data ke dalam tabel yang sudah dibuat tersebut dengan menggunakan PHP.

Begini script untuk memasukan data ke tabel database MySQL dengan PHP. Proses input data ke dalam tabel tersebut menggunakan ekstensi MySQLi, karena ekstensi MySQL sebelumnya sudah tidak digunakan lagi sejak 2012.

<?php # Variables $servername = "localhost"; $username = "user"; $password = "password"; $databasename = "PerusahaanXYZ"; # Check Database $db = new mysqli($servername, $username, $password, $databasename); if($db->connect_error){
	die('Koneksi Gagal: ' . $db->connect_error);
}

# Query insert data
$sql = "INSERT INTO toko (nama_toko, pemilik_toko, lokasi_toko)
		VALUES ('Toko Susi', 'Susi Adinda', 'Jakarta')";

# Execute Query
if ($db->query($sql) === TRUE) {
    echo "Data berhasil di input";
} else {
    echo "Data gagal di input: " . $db->error;
}

?>

Disitu bisa dilihat kalau kita hanya perlu membuat query mysql yang dijadikan sebuah variabel, lalu variabel tersebut selanjutnya di eksekusi. Jika data berhasil di input maka muncul pesan berhasil, jika gagal tampilkan pesan error.

Semoga bisa membantu Anda lama memahami cara memasukan data ke tabel database MySQL dengan PHP.