Cara backup database MySQL | Hal yang paling penting dari sebuah informasi adalah data, website sebagai media untuk menyebarkan informasi tentu memiliki banyak sekali data berharga yang sangat penting untuk selalu dijaga agar tidak hilang atau rusak.

backup database mysql

Backup database MySQL (Image: linode.com)

Salah satu cara untuk menjaga data adalah dengan rutin melakukan backup database tersebut dan menyimpannya pada dua tempat yang berbeda, di server dan di komputer pribadi.

Baik website yang menggunakan VPS atau Shared Hosting tetap harus melakukan backup.

Kali ini Jurnalweb.com akan membahas bagaimana cara backup database di terminal menggunakan command line dan juga di cPanel.

Cara backup database MySQL dengan Command Line / Terminal

Cara pertama ini biasanya diperlukan apabila Anda memiliki website yang ditaruh di sebuah VPS (Virtual Private Server). Karena VPS jenis unmanaged biasanya tidak memiliki control panel seperti cPanel atau Plesk, jadi harus dilakukan secara menual.

Mengenal perintah mysqldump di Command Line / Terminal

Sangat penting untuk mengenal perintah mysqldump apabila Anda mengelola website Anda sendiri dengan menggunakan sebuah layanan VPS. Syntax yang digunakan adalah sebagai berikut.

mysqldump -u [username] -p [password] [nama_database] > [nama_file_backup.sql]

Kode diatas adalah format penulisan mysqldump, lalu bagaimana contoh penulisannya, pada kesempatan kali ini jurnalweb.com akan mendemokan beberapa jenis cara backup mysql dengan berbagai tujuan.

Pada contoh ini semua menggunakan username root MySQL dan dilakukan pada shell/terminal VPS berbasis Linux.

Backup sata database dengan Command Line Terminal

Isi filenya akan terdapat perintah DROP untuk menghapus seluruh tabel, kemudian membuat tabel lalu data-datanya akan dimasukan lagi. Semua hal tersebut berguna pada proses pemulihan data (restore backup) supaya tidak ada konflik maupun data yang duplikat.

mysqldump -u root -p sementara jurnalwebcom > jurnalwebcom.sql

Backup lebih dari satu database dengan Command Line Terminal

Pada contoh ini ditambahkan parameter --databases untuk memerintahkan program bahwa terdapat lebih dari satu database yang ingin dibackup. Nama database yang akan dibackup dipisahkan dengan spasi.

mysqldump -u root -p sementara --databases jurnalwebcom nagabonar >jurnalwebcom_nagabonar.sql

Backup semua database MySQL dengan Command Line Terminal

Jika Anda lupa, malas atau merasa repot untuk memilih database yang ingin dibackup satu-satu, maka pilihannnya tentu backup seluruh database MySQL yang ada pada server dengan menambahkan parameter --all-databases. Contoh penulisannya sebagai berikut.

mysqldump -u root -p sementara --all-databases > semuanya.sql

Cara backup satu tabel saja dengan Command Line Terminal

Apabila data pentig yang ingin dibackup hanya terdapat pada satu tabel tertentu saja, maka tentunya akan mubazir jika dibackup seluruhnya, jadi backup saja satu tabel tersebut, caranya begini:

mysqldump -u root -p sementara jurnalwebcom blog > jurnalwebcom_blog.sql

Perintah diatas akan melakukan backup pada tabel blog yang ada di database jurnalwebcom kedalam sebuah file bernama jurnalwebcom_blog.sql.

Cara restore database mysql di Command Line Terminal

Setelah Anda memiliki file backup, terkadang perlu untuk merestor database dengan menggunakan file backup tersebut, contohnya jika terjadi kesalahan setelahnya. Caranya restore database mysql adalah sebagai berikut:

mysql -u root -p sementara jurnalwebcom < jurnalwebcom.sql

Perlu diingat pada proses restore kita menggunakan perintah mysql (tidak menggunakan dump), serta arah panahnya sedikit berbeda dengan proses backup, pada proses restore tanda panahnya terbalik (<).

Cara tersebut berlaku untuk segala jenis restore, baik itu restore database maupun restore satu tabel saja. Perintah tersebut akan mengembalikan data dari file jurnalwebcom.sql ke database dengan nama jurnalwebcom.

Cara tersebut diatas bisa Anda gunakan juga pada database yang menggunakan MariaDB atau Percona Server karena mereka dari satu rumpun yang sama, merupakan fork dari MySQL dan hingga saat ini masih kompatibel sehingga aman untuk dicoba.

Cara Backup Database MySQL di cPanel

Selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara bakup database MySQL di cPanel untuk Anda yang menggunakan Shared Hosting maupun VPS yang dilengkapi dengan cPanel.

  1. Login ke cPanel
  2. Klik menu Backup Wizard
    cpanel backup wizard
  3. Klik tombol Backup
    cpanel database backup button
  4. Pada bagian kanan (Select Partial Backup) klik tombol MySQL Databases
    cpanel partial backup databases
  5. Kemudian pilih nama database yang ingin di backup.
    cpanel select database
  6. Proses download akan dilakukan, tunggu hingga selesai 100% dan kemudian simpan pada tempat yang menurut Anda aman.

Itualah beberapa cara backup database MySQL dengan menggunakan command line terminal maupun di cPanel yang bisa Anda ikuti untuk mengamankan data-data penting dari website yang Anda miliki.

Proses backup biasanya dilakukan secara berkala baik itu harian, mingguan, dua mingguan atau bulanan. Namun usahakan backup sesering mungkin agar data website Anda tidak hilang jika terjadi sesuatu yang berakibat buruk.