Cara Agar Blog Tetap Disukai Banyak Orang – Kebanyakan blogger akan menemukan satu titik dalam karir mereka dimana mereka melihat bahwa traffic menuju blog mereka melambat. Jika ini terjadi pada Anda, hal yang penting untuk diingat adalah tidak panik.

Ada beberapa cara yang dapat anda mulai untuk meningkatkan traffic blog anda kembali, dan tentunya diperlukan keseriusan untuk melakukannya. Beberapa ide dibawah ini dapat anda gunakan untuk mengarahkan kembali lalu lintas ke blog anda.

Jadikan Blog Lebih Berguna & Membantu


Salah satu hal yang paling penting untuk dipikirkan adalah mencoba untuk menarik lebih banyak traffic menuju blog anda, itulah alasan mengapa anda ingin blog anda menjadi sukses. Jika semata-mata untuk membuat nama anda menjadi terkenal, atau untuk mendapatkan uang, maka itu bisa jadi salah satu alasan yang mungkin membuat lalu lintas ke blog anda melambat, karena orang akan memahami atau menilai hal tersebut dari kualitas postingan anda. Jika kualitas postingan anda mulai tidak terlalu berguna, maka mereka kemungkinan tidak akan kembali dilain waktu. Namun jika postingan anda semakin hari semakin berguna, maka kemungkinan mereka akan menjadi pembaca setia blog anda. Maka jadikan blog anda lebih berguna untuk orang lain dengan kualitas konten yang baik. Ingat “Content is King“.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Meningkatkan Traffic Website

Tetap Fresh


Orang akan mengunjungi situs anda lebih sering jika setiap ingin berkunjung mereka merasa bahwa mereka akan menemukan sesuatu yang baru dan berguna dari blog anda. Jika anda cukup lama tidak meng-update tulisan di blog anda maka lama-lama orang akan berfikir bahwa mereka tidak perlu lagi memeriksa blog anda karena mereka berfikir mereka tidak akan mendapatkan apa-apa atau tidak mendapatkan sesuatu yang baru dengan mengunjungi blog anda. Jadi pastikan blog anda selalu update, tidak perlu update setiap hari, cukup dua atau tiga postingan setiap minggu nya itu sudah cukup baik untuk meningkatkan atau menjaga stabilitas traffic blog anda. Jika anda khawatir tidak memiliki banyak waktu untuk blog anda, maka anda bisa pertimbangkan untuk menulis artikel yang tidak terlalu sulit atau tidak terlalu panjang, namun tetap perhatikan unsur-unsur yang ada di poin pertama tadi,  yaitu tetap berikan sesuatu yang berguna atau berharga untuk para pembaca blog anda.

Gunakan Sosial Media Dengan Bijak.


Menggunakan sosial media bisa menjadi cara yang efektif untuk menciptakan perhatian kepada blog anda. Jika anda memiliki beberapa orang follower setia di blog anda maka anda bisa meminta mereka untuk membagikan artikel tersebut ke teman-teman mereka, dengan begini maka akan semakin banyak yang mengenal dan melihat blog anda, jika teman-teman mereka menemukan sesuatu yang menarik dari blog anda, besar kemungkinan teman-temannya tersebut juga akan menjadi pembaca setia postingan di blog anda.

Perhatikan Blog Sekitar


Menjadi penulis tamu adalah salah satu metode lain yang dapat anda gunakan untuk membuat blog anda menjadi lebih dikenal oleh orang lain. Jika anda menulis artikel di blog lain yang memiliki banyak lalu lintas, maka beberapa orang yang membaca postingan anda tersebut akan melihat siapa penulisnya dan tentunya besar kemungkinan akan mengunjungi blog si penulis tersebut. Jika ternyata blog penulis tersebut menurut mereka berkualitas, maka bisa jadi mereka juga akan menjadi pembaca setia blog anda nantinya. Memperhatikan blog sekitar bisa juga dengan berkunjung ke blog lain dan meninggalkan komentar dan link blog anda di sana.

Salah satu blog seputar web yang memungkinkan anda menjadi penulis tamu yaitu tutorial-webdesign.com, disana anda bisa menulis seputar dunia web design & development.

Itulah beberapa cara yang bisa anda maksimalkan untuk mendapatkan lebih banyak traffic menuju blog anda, jika anda belum mengalami masa-masa dimana traffic blog anda menurun maka suatu saat mungkin anda akan mengalami nya, dan jika hal itu terjadi silahkan anda ingat artikel Jurnal Web Indonesia ini agar blog anda senantiasa ramai pengunjung.
Sampai jumpa pada artikel JW berikutnya.