Browser baru Microsoft Edge lebih cepat dibanding Chrome — Yap, judul yang Anda baca tersebut tidak salah. Setelah bertahun-tahun menerima ejekan, kini Microsoft berani mengklaim bahwa browser terbaru mereka yaitu Microsoft Edge lebih cepat dibandingkan dengan Google Chrome dan Safari pada tes benchmark yang mereka lakukan sendiri.

Alat yang digunakan untuk benchmark bukanlah milik Microsoft namun benchmark yang dibuat oleh Apple dan tim Google. Dengan versi terakhir dari rilis Windows 10, Microsoft menambahkan sentuhan akhir untuk launchpad, dan bersiap-siap untuk ‘merayakan’ peluncuran terbesar yang akan mereka lakukan.

Microsoft Edge Super Cepat!

Microsoft Edge Windows 10

Microsoft Edge (Image:thehackernews.com)

Dalam sebuah postingan di blog Windows, Gabe Aul, kepala program Windows Insider mengumumkan temuan kinerja dari build Windows 10, dia menambahkan:


Tim Edge sudah terus mengoptimalkan kinerja sejak pertama kali menambahkan browser baru ke Windows 10. Dalam build kali ini, Microsoft Edge lebih baik dan mengalahkan Chrome dan Safari pada benchmark Javascript mereka sendiri:

Pada WebKit Subspider, Edge 112% lebih cepat dibanding Chrome
Pada Google Octane, Edge 11% lebih cepat dibanding Chrome
Pada Apple Jetstream, Edge 37% lebih cepat dibanding Chrome

Kami benar-benar senang dengan pencapaian performa tersebut dan kami berharap Anda akan menikmati browsing yang lebih cepat dengan Microsoft Edge bersama dengan banyak fitur keren lain yang telah kami tambahkan dalam beberapa build ~ Gabe Aul

Jika hal tersebut benar, maka itu adalah sebuah berita baik di dunia web browser. Sebuah kemajuan besar bagi Microsoft, dan ini bisa jadi titik balik yang luar biasa setelah browser mereka sebelumnya Internet Explorer sudah menerima begitu banyak ejekan.

Sebagai informasi tambahan, Benchmark Javascript SunSpider dikembangkan oleh tim pengembang Apple Webkit. Ditujukan untuk versi iOS, Mac dan Safari versi Windows, yang didukung oleh mesin WebKit, dan ini adalah alat benchmark yang populer dan digunakan oleh browser ternama.

Sumber: Blog Windows