Terdapat banyak sekali berita hoax di facebook yang diposting oleh seseorang lalu menjadi viral dan di share hingga ratusan ribu kali, bahkan ada yang jutaan.

Jangan lansung percaya pada sebuah berita yang dikirimkan seseorang ke halaman sosial media Anda, perlu dicek terlebih dahulu kebenaran berita tersebut.

berita hoax palsu

Ilustrasi berita hoax / palsu (Credit: snopes.com)

Berita hoax memang sudah menjadi salah satu masalah nyata di dunia sekarang ini, hal tersebut bahkan marak saat pemilihan Presiden Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu. Berita hoax berseliweran hingga situs sosial media seperti Facebook dan Twitter dituding menjadi penyebab terpilihnya Donald Trump sebagai presiden mengalahkan Hilary Clinton.

Setidaknya lakukan beberapa cara ini untuk mengetahui berita hoax atau tidak sebelum Anda memutuskan untuk mempercayai berita tersebut atau jika ingin ikut share.

Penelusuran yang dilakukan laman Buzzfeed menunjukan bahwa semenjak Agustus lalu, berita palsu memiliki peranan dalam memperngaruhi persepsi masyarakat urban.

Cerita yang paling populer di jagat maya adalah Puas Francis mendukung Donald Trump sebagai presiden. Berita tersebut sudah dibagikan hampir satu juta kali hanya dalam hitungan jam.

Berikut ini beberapa contoh berita hoax yang sangat populer di dunia, terutama saat pemilihan presiden Amerika beberapa waktu lalu.

1. Paus Francis merestui Donald Trump sebagai Presiden Amerika
> Ending the Fed | 960 ribu shares

2. WikiLeaks ungkap Hillary menjual senjata ke ISIS
> The Political Insider | 789 ribu shares

3. E-mail Hillary-ISIS
> Ending the Fed | 754 ribu shares

4. Hillary langgar hukum federal
> Ending the Fed | 701 ribu shares

5. Agen FBI temukan mayat bunuh diri di apartemen Hillary
> Denver Guardian | 567 ribu shares

Total berita hoax di Facebook mencapai 8,7 juta.

Berita hoax di facebook

Credit Buzzfeed

Buzzfeed | Statista | Koran Tempo