Jumlah kuota data internet yang dihabiskan orang Indonesia — Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) beberapa waktu lalu, terungkap bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2016 mencapai 132,7 juta. Angka tersebut bisa dibilang meningkat sangat drastis jika dibandingkan dengan dua tahun lalu yang hanya berjumlah 88,1 juta pengguna.

pengguna nternet

Ilustrasi pengguna internet (Image: livemint.com)

Dari jumlah 132,7 juta pengguna tersebut, terdapat sekitar 119,6 juta (90,2 persen) yang mengakses internet menggunakan perangkat mobile dengan memanfatakan paket bulanan. Sedangkan yang menggunakan paket internet mingguan berjumlah sekitar 7,1 juta (5,4 persen).

Kemudian ada sekitar 2,9 juta (2,2 persen) dan 1,2 juta (0,2 persen) pengguna internet indonesia yang masing-masing berlangganan paket internet harian dan tahunan.

Kuota yang dihabiskan pengguna internet Indonesia.

Berbicara seputar kuota paket data internet, tentu kita jadi bertanya-tanya, berapa sih jumlah kuota rata-rata yang dihabiskan oleh pengguna internet Indonesia?

survei perilaku pengguna internet apjii

Survei pengguna internet apjii

Ternyata ada sekitar 41,2 juta pengguna menghabiskan data sebanyak 2GB kuota internet, lalu sebanyak 27,9 juta dan 19,9 juta pengguna mengakses internet dengan kuota masing-masing 3GB dan 1,5GB.

Sedangkan yang menghabiskan data masing-masing 1GB dan 4GB berjumlah 13,8 juta dan 12,4 juta pengguna.

– Baca juga: Segini Rata-Rata Kecepatan Internet Mobile Indonesia

Data survei yang dilakukan APJII ini dilakukan dengan melakukan survei kelapangan dan melakukan tatap muka dengan menggunakan teknik sampel multi stage random sampling.

APJII melibatkan sekitar 1200 responden untuk melakukan survei terkait penetrasi pengguna internet ini, sedangkan untuk survei mengenai perilaku pengguna yang termasuk diantaranya untuk mengetahui berapa GB kuota yang dihabiskan, APJII melibatkan 2.000 responden.