Aplikasi untuk merekam layar di Android (Screen Recorder) — Terkadang kita perlu untuk merekam aktivitas yang ada dilayar smartphone kita, sebagai contoh saat kita hendak mendemonstrasikan aplikasi yang sedang kita buat. Aplikasi ini bisa untuk merekam langkah demi langkah cara penggunaan aplikasi tersebut serta menunjukan apa saja fitur yang dimilikinya.

Ada banyak kegunaan lain dari perekaman layar seperti untuk perekaman saat bermain game mobile, membuat video tutorial sampai keperluan lain yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi atau dengan kata lain untuk melakukan demo atau showcase dari aplikasi yang dibuat tersebut.

Namun yang menjadi kendala adalah fitur perekaman tersebut tidak tersedia secara langsung pada perangkat Android yang kita miliki.

Diperlukan sebuah aplikasi tambahan yang bisa kita download di Play Store untuk membantu mengatasi kurangnya fitur perekaman layar smartphone tersebut.

Aplikasi Perekam Layar (Screen Recorder) di Android

Terdapat cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam layar smartphone yang bisa unduh secara gratis maupun berbayar di Play Store, namun berikut adalah beberapa aplikasi untuk merekam layar Android gratis yang bisa Anda gunakan.

Mobizen Screen Recorder

Mobizen merupakan salah satu aplikasi untuk merekam layar smartphone Android / screen recording yang bisa digunakan dengan mudah.

mobizen screen recorder

Dengan aplikasi ini kita bisa juga mengedit video hasilnya dengan sangat mudah. Resolusi yang dihasilkan berada pada kisaran 240p hingga 1080p dengan frame rate 60 fps (frame per second), selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur front-facing camera.

Jadi dengan begitu, saat merekam layar Android, wajah juga akan ikut terekam sehingga dapat menunjukan reaksi secara langsung. Para gamer adalah orang yang biasanya sering menggunakan aplikasi ini yaitu saat ingin membuat walkthrough game mobile.

Telecine

telecine screen recorder

Telecine memungkinkan kita untuk merekam gerak-gerik yang dilakukan pada layar smartphone dengan sebuah tombol saja, ini tentu membuatnya menjadi mudah dan praktis. Sedangkan untuk menghentikan proses perekaman (stop), kita hanya perlu kembali menekan tombol stop yang terdapat disitu.

REC Screen Recorder HD

rec screen recorder

REC Screen Recorder HD digunakan untuk merekam layar Android dalam durasi yang cukup lama yakni satu jam.

Pada aplikasi tersebut semua kontrol dan opsi sudah tersedia, sehingga tidak akan kerepotan dan kewalahan ketika menggunakan aplikasi ini.

AZ Screen Recorder

az screen recorder android

AZ Screen Recorder salah satu aplikasi screen recorder atau perekam layar yang cukup handal dilakukan, pada aplikasi ini tidak terdapat watermark pada video yang direkam. Disamping itu, tampilan antarmuka AZ Screen Recorder juga cukup simple dan tidak membuat pengguna menjadi bingung.

Terdapat juga fitur countdown timer pada ujung layar yang membuat pengguna menjadi tahu berapa lama durasi perekaman layar dilakukan.

GameDuck

gameduck screen recorder

GameDuck adalah aplikasi untuk merekam layar (screen recorder) yang sangat cocok untuk para gamer yang suka merekam walkthrough game mobile. Asiknya lagi, terdapat komunitas khusus yang membagikan sejumlah video walkthrough lengkap dengan berbagai reaksi wajah para pemainnya yang bisa kita lihat.

Screen Recorder 5+

screen recorder 5

Screen Recorder 5+ adalah aplikasi yang digunakan untuk merekam layar smartphone Android tanpa perlu melakukan root jika menggunakan Android Lollipop atau yang diatasnya. Terdapat banyak fitur yang melengkapi aplikasi ini dan semuanya cukup untuk melakukan perekaman dengan baik.

ilos screen recorder

ilos screen recorder

ilos screen recorder mempunyai fitur yang memungkinkan kita untuk bisa langsung mengupload video rekaman ke Youtube, Google Drive, Dropbox dan Facebook. Aplikasi perekam layar di Android ini dapat digunakan tanpa harus melakukan rooting sistem jika digunakan pada Android Lollipop dan diatasnya.

One Shot screen recorder

one shot screen recorder

One Shot screen recorder adalah aplikasi screen recoder Android yang gratis untuk digunakan, namun video yang dihasilkan oleh aplikasi ini memiliki watermark. Jika Anda ingin menghilangkan watermark tersebut, maka harus membeli versi premiumnya. Aplikasi One Shot screen recorder dapat digunakan pada Android Lollipop, untuk yang dibawah Lollipop harus melakukan rooting terlebih dahulu.

– Lanjut Baca: Cara Merekam Layar di Android (Screen Recording)