Smartphone Android dan iPhone memang sangat powerful, memiliki berbagai fungsi yang bisa menunjang pekerjaan maupun hobi para penggunanya. Ada aplikasi untuk keuangan, hiburan, produktivitas, dan lain sebagainya.

Smarthone Android dan iPhone juga tentu saja bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, karena memang itulah sebenarnya fungsi utama dari sebuah handphone.

Namun canggihnya lagi, keduanya bisa kita gunakan untuk melakukan panggilan telepon secara gratis tanpa perlu mengeluarkan pulsa. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telpon secara gratis dengan handphone saat ini.

Berikut adalah beberapa aplikasi Android dan iPhone yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon gratis baik di dalam negeri maupun diluar negeri.

1. Facebook Messanger

Facebook messanger merupakan aplikasi yang tidak bisa dipisahkan lagi dengan pengguna Facebook for Android. Salah satu fitur dari aplikasi ini yaitu bisa telepon gratis antar sesama teman facebook yang juga telah menginstall aplikasi ini.

⇓ Download untuk AndroidiPhone

2. WhatsApp

whatsapp voice call

whatsapp voice call (foto via coolsmartphone.com)

Selanjutnya ada WhatsApp, aplikasi ini memiliki fitur panggilan telepon gratis setelah diakuisisi oleh Facebook beberapa waktu lalu, mungkin fitur yang ada di Facebook messanger ditanamkan juga di aplikasi yang fungsi utamanya adalah untuk chatting ini.

⇓ Download untuk AndroidiPhone

3. BBM Messanger

BBM memiliki fitur telepon gratis yang diberi nama BBM Voice, seperti halnya aplikasi lain, BBM Voice memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dengan menggunakan koneksi data ataupun WiFi.

⇓ Download untuk AndroidiPhone

– Baca juga: Cara Telepon Private Number di Android

4. KakaoTalk

Aplikasi KakaoTalk ini fungsi utamanya adalah untuk melayani pesan teks dan telepon, aplikasi ini tentu bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon kepada teman atau keluarga secara gratis, cukup dengan berlangganan paket data atau menggunakan WiFi tanpa perlu biaya tambahan.

⇓ Download untuk AndroidiPhone

5. Google Hangouts

Google Hangouts yang dulunya bernama Google Talk ini sudah secara otomatis terinstal di ponsel Android, hangout bisa digunakan untuk melakukan percakapan dengan seseorang, percakapan group untuk berbagi foto serta bisa untuk melakukan panggilan video secara gratis.

⇓ Download untuk AndroidiPhone

google hangout

google hangout (foto via eventbrite.com)

6. Skype

Skype dari awal difungsikan untuk melakukan panggilan video, dimana dua orang bisa berbincang secara langsung dengan saling melihat video masing-masing. Aplikasi ini bisa digunakan untuk panggilan telepon tentunya, karena video nya bisa dimatikan dan hanya suara saja, atau video beserta suara, silahkan dipilih sesuka Anda.

⇓ Download untuk AndroidiPhone

7. Viber

Viber merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang lumayan bagus di Android. Keunggulannya adalah bisa voice call yang sangat jernih, karena aplikasi viber memiliki vitus VOIP (Voice Over Internet Protocol) yang bisa berpengaruh pada kualitas suara yang diterima.

⇓ Download untuk AndroidiPhone

Viber

Viber (Image: xl.co.id)

8. WeChat

WeChat termasuk aplikasi yang cukup terkenal di Indonesia, namun belakangan kurang terdengar geliatnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur voice call secara gratis, suaranya juga jernih.

⇓ Download untuk AndroidiPhone

9. Line

Aplikasi Line cukup populer di Indonesia, aplikasi ini memungkinkan seseorang untuk chatting, menulis status karena line juga memiliki timeline seperti BBM dan Facebook, dan tentu saja aplikasi ini juga bisa untuk menelepon gratis karena memiliki fitur Voice Call.

⇓ Download Line untuk AndroidiPhone

Itulah beberapa aplikasi ternama yang bisa manfaatkan untuk melakukan telepon gratis ke teman, rekan bisnis atau keluarga. Dengan aplikasi ini Anda bisa juga menelopon gratis keluar negeri lho.