Aplikasi smartphone paling populer di Indonesia | Sebuah alat analisis untuk aplikasi bernama App Annie baru-baru ini mengungkapkan bahwa YouTube merupakan aplikasi media sosial yang paling populer atau paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone di Indonesia, Youtube meninggalkan Facebook dan Twitter dibelakangnya. Informasi tersebut dirilis pada laporan App Annie Mei 2016.

Youtube Mobile Apps

Aplikasi Youtube (Image: digitaltrends.com)

Fakta bahwa pengguna smartphone Indonesia menggunakan Youtube lebih sering dibanding media sosial lainnya cukup mengejutkan, kata Thomas Jul, presiden direktur Ericsson Indonesia.

Jumlah pengguna unik Youtube di Indonesia atau pengunjung uniknya melampaui aplikasi lainnya, tambah Jul. Pada bulan Mei 2016, Youtube menduduki puncak daftar dari lima media sosial paling populer yang digunakan di Indonesia, berdasarkan angka pengguna aktif.

WhatsApp, BBM, Google dan Line tercatat berada dibawah Youtube. Jul juga berkomentar, “Saya tidak tahu persis bagaimana BBM bisa berhasil bertahan hidup di Indonesia,” tambahnya. Saat ini, aplikasi tersebut digunakan oleh pengguna Android Indonesia.

Dia juga mengakui bahwa telah terjadi peningkatan pengguna BBM karena aplikasi messanger BlackBerry telah tersedia juga untuk digunakan pada berbagai platform lainnya. “Tampaknya BBM akan bertahan untuk beberapa waktu kedepan,” katanya kepada Kompas.