Aplikasi Android yang paling banyak menghabiskan memori RAM dan ruang penyimpanan data / space tentu harus dipertimbangkan untuk tidak digunakan, apalagi jika handphone Anda tergolong gampang habis memorinya.

Bari-baru ini perusahaan antivirus AVG mengungkapkan hasil survei mereka terhadap 200 juta pengguna perangkat Android tentang aplikasi yang paling menguras baterai, selain itu survei tersebut juga mengungkapkan 10 aplikasi Android yang banyak memakan ruang penyimpanan di smartphone berbasis Android.

aplikasi android

Aplikasi Android (Image: gikplus.com)

Seperti dilansir ZD Net pada Jumat (23/10/2015), terungkap bahwa Facebook adalah aplikasi yang paling banyak menghabiskan space atau ruang penyimpanan pada saat perangkat Android pertama kali dihidupkan. Selanjutnya disusul oleh Sp-Mode Mail diposisi 2, Instagram diposisi 3, lalu ke-4 ada Facebook Pages Manager, dan ke-5 Google Play.

Sedangakan untuk posisi 6 hingga 10 ditempati oleh Skype, Google Search, Words with Friend, Tango, dan We Chat. Ternyata aplikasi sosial media dan messanger menjadi aplikasi yang boros baterai ya, mungkin karena aplikasi tersebut memang diharuskan selalu mengambil data terbaru dari server mereka untuk ditampilkan di handphone Android Anda.

Selain 10 aplikasi yang paling banyak memakan memori, ada juga 10 aplikasi yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan, ketika aplikasi tersebut digunakan oleh para penggunanya. Aplikasi tersebut yakni Spotify Music, Chrome, Amazon Kindle, Aillis, Amazon Shopping UK, Line, SoundCloud, TripAdvisor, Amazon Shopping Global dan terakhir Snapchat.

Ternyata aplikasi buatan amazon kebanyakan menghabiskan memori ruang penyimpanan data ya.

– Baca juga: Daftar Aplikasi Android Yang Bisa Menurunkan Kinerja Ponsel / Bikin Lambat

Yang menarik dari hasil survei tersebut adalah terdapatnya nama Facebook dalam daftar aplikasi yang menghabiskan memori RAM dan juga masuk daftar aplikasi yang menghabiskan daya baterai.

Namun Facebook adalah aplikasi yang sangat digemari oleh para penggunanya, agak berat hati rasanya jika harus menghapus Facebook dari Android. Jadi mungkin harus punya trik sendiri agar smartphone lebih hemat memori dan ruang penyimpanan.