PHP sudah mati? Bahasa pemrograman PHP beberapa waktu belakangan kurang mendapatkan sorotan, beberapa orang yang menggunakan bahasa pemrograman lain bahkan menyebut PHP sudah ketinggalan jaman dan menyerankan untuk berpindah ke bahasa pemrograman lain.

Meskipun begitu, apakah itu berarti PHP sudah akan mati? jawabannya tentu saja tidak, karena PHP masih memiliki pengguna yang jumlahnya jauh meninggalkan bahasa pemrograman server-side lainnya.

php

PHP (Source: triskyl.in)

Dimulai pada tahun 1995, PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer yang dirancang untuk para pengembang website. Hingga hari ini, nyatanya PHP masih mendominasi industri pengembangan website pada sisi server-side.

Selain itu, banyak sekali situs populer seperti Wikipedia dan Facebook, serta berbagai CMS seperti WordPress, Magento, Drupal dan Joomla dibangun dengan menggunakan PHP.

– Baca juga: 10 Website Raksasa Yang Dibuat Dengan PHP

Saat ini, pertanyaan “apakah PHP akan segera mati atau tidak” yang banyak diperdebatkan oleh para pengembang website bisa menjadi perhatian kita. Banyak orang berfikir bahwa karena kedatangan bahasa pemrograman lain seperti Ruby, MEAN Stack, Lua, Python, dan lainnya, kepopuleran PHP berkurang secara perlahan.

Pada kesempatan kali ini Jurnalweb akan sedikit membahas apakah benar bahasa pemrograman PHP akan segera mati menggunakan sedikit bantuan statistik yang kami lansir dari laman w3techs.com, karena statistik tidak akan bohong.

Statistik Penggunaan PHP per November 2016

Sebuah persentase yang sangat signifikan dari situs yang dibangun dengan PHP dan yang tidak menggunakan PHP. Kita bisa lihat survei bahasa pemrograman server-side yang dilansir oleh laman w3tech berikut ini.

bahasa server-side terpopuler

Gambar 1. bahasa server-side terpopuler per 7 November 2016

Pada gambar diatas kita bisa melihat bahwa PHP sudah digunakan oleh 82,2% website, jauh diatas bahasa server-side lain seperti ASP.NET ataupun Java.

PHP merupakan bahasa pemrograman paling cepat berkembang sejak Oktober 2016.

Bahasa pemrograman paling cepat berkembang

Gambar 2. Bahasa pemrograman paling cepat berkembang sejak 1 oktober 2016

Berikut ini adalah statistik website yang menggunakan berbagai CMS

CMS terpopuler dan paling berkembang

Gambar 3. CMS terpopuler dan paling berkembang saat ini

Terlihat WordPress, Joomla, Drupal memimpin, kita tahu semua CMS tersebut dibuat dengan menggunakan PHP.

Laporan berikutnya menunjukan tren historis dalam penggunaan bahasa server-side sejak Januari 2015

trend bahasa-pemrograman yang digunakan

Gambar 4. trend bahasa-pemrograman yang digunakan

Berdasarkan statistik diatas, sudah jelas bahwa:

  1. PHP merupakan yang paling banyak digunakan dan merupakan bahasa pemgrograman server-side paling populer, dan penggunanya meningkat setiap hari.
  2. PHP digunakan oleh banyak website namun dengan traffic yang lebih rendah dibanding bahasa pemrograman lain.
  3. Perl, Python, Ruby, Javascript dan ColdFusion digunakan oleh beberapa situs namun dengan traffic yang cukup tinggi.
  4. Penggunaan CMS berbasis PHP semakin meningkat.

– Baca juga: 13 Kelebihan dan Alasan Memilih PHP untuk Membuat Website

Kesimpulan

Jadi hanya rumor kalau ada yang menyebut PHP akan segera mati, karena PHP adalah bahasa pemrograman yang cukup populer dan banyak digunakan, dan itu tidak akan memudar dengan mudah. Mekipun saat ini PHP memiliki banyak pesaing, namun bahasa pemrograman buatan Rasmus Lerdorf masih sangat populer dikalangan para pengembang website.