Alat untuk mengecek pencurian artikel web – Plagiarisme / duplikasi konten / artikel copas tentu adalah sebuah perbuatan yang kurang terpuji, apalagi jika konten yang di duplikasi tersebut tidak di ubah sama sekali, atau hanya di ubah sedikit saja. Hal tersebut tentulah sesuatu yang buruk.

Untuk pemilik konten asli, tentunya hal tersebut ada sisi buruknya juga, salah satunya adalah mereka bisa saja kalah bersaing di SEO, dan hal tersebut bisa saja menyebabkan website sumbernya kehilangan pengunjung, walaupun kemungkinannya tidak terlalu besar, karena google sendiri bisa memberikan penilaian buruk untuk website yang melakukan duplikasi konten dari website lain.

artikel copas

Konten Plagiat (Image:contentisking.textmaster.com)

Untuk mengetahui website mana saja yang mencuri / menduplikasi / melakukan copy paste artikel blog atau website Anda, maka bisa menggunakan enam alat ini.

1. Copyscape

Copyscape ini bisa dibilang tool yang terbaik yang bisa dimanfaatkan, website ini bisa memberikan Anda informasi website mana saja yang melakukan pencurian artikel web Anda. Cara penggunaannya mudah, cukup masukan URL dari artikel yang ingin Anda cek, maka seketika dia akan memberikan informasi website yang kontennya menyerupai konten Anda.

2. Plagium

Plagium bisa menjadi alternatif untuk copyscape, situs ini termasuk gratis dan Anda bisa mengecek plagiarisme dengan memasukan kalimat atau konten website Anda, nanti dia akan mencarikan hasilnya untuk Anda ketahui.

3. DupliChecker

DupliChecker ini bekerja mirip dengan plagium, namun dia tidak hanya memungkinkan Anda copy paste teks ke web tersebut, namun Anda juga bisa mengupload file txt yang berisi teks yang ingin Anda cek.

4. Plagiarisma

Plagiarisma memberikan beberapa fitur untuk mencari konten yang serupa dengan web Anda, anda bisa cek kata-kata tanpa batas, Anda juga bisa memasukan URL seperti copyscape, atau Anda juga bisa mengupload file untuk mengecek kesamaan konten. Anda juga bisa mendownload dan menginstal aplikasi yang mereka berikan secara gratis.

5. PlagiarismChecker

PlagiarismChecker mirip dengan Plagium, dimana Anda bisa memasukan kata atau kalimat yang ingin Anda cek.

6. CopyGator

Website lain yang memberikan fasilitas untuk mengecek plagiarisme atau artikel Anda yang dicuri adalah Copygator, fitur nya unik, dimana pemilik web bisa memantau sebuah RSS Feed dan memberikan informasi jika Ada konten yang dicuri.