Cara mempercepat iPhone dan iPad yang lemot — Hampir setiap hari kita menggunakan smartphone, bahkan setiap beberapa menit sekali seseorang mengecek smartphone untuk mengetahui update terbaru dari sosial media ataupun untuk keperluan lainnya yang dianggap penting.

Teknologi ini tentu saja sudah merevolusi gaya hidup masyarakat. Teknologi membuat kita ingin serba cepat, serba ingin tau dan eksis kapanpun dan dimanapun.

Kebutuhan yang serba cepat tersebut membuat sedikit saja ada bug atau kesalahan pada ponsel maka bisa sangat mengganggu.

Untuk pengguna iPhone dan mengalami masalah dengan iPhone yang lambat, biasanya ada beberapa masalah pada gadget Anda tersebut, dan berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi iPhone yang lambat.

1. Hapus foto lama

Menghapus file yang tidak perlu adalah salah satu cara untuk mempercepat ponsel Anda. Jika Anda memiliki ratusan bahkan ribuan foto pada iPhone dan apalagi jika itu tersebar di banyak folder, maka Anda baiknya Anda menyingkirkan foto-foto tersebut. Anda bisa membackup ke komputer atau melalui iCloud atau bahkan menghapusnya secara permanen dari ponsel Anda.

– Baca juga: 10 Aplikasi Backup Data Android dan iPhone

2. Menghapus aplikasi yang memakan ruang dan memori

Semakin banyak aplikasi yang digunakan tentu akan membuat iPhone Anda semakin lambat untuk dijalankan. Untuk melihat berapa banyak ruang yang dihabiskan oleh sebuah aplikasi, Anda bisa masuk ke Setting -> General -> Storage & iCloud Usage -> Manage Storage.

3. Hapus SMS lama

SMS mungkin menjadi salah satu fitur yang sering sekali digunakan oleh pemilik ponsel, SMS yang menumpuk juga bisa membuat iPhone jadi lambat, apalagi jika SMS tersebut sudah bertahun-tahun tidak pernah dihapus dan akhirnya menumpuk dan total size nya jadi besar. Untuk mengatasi hal tersebut mungkin Anda perlu untuk mengatur agar SMS disimpan dalam jangka waktu tertentu saja, misal dalam 10 hari, 1 tahun dan lainnya. Untuk melakukan ini Anda bisa lakukan di Settings -> Messages -> Keep Messages.

4. Menghapus Cache Browser (Safari)

Perlakukan iPhone Anda selayaknya sebuah komputer. Anda juga perlu untuk mengosongkan cache di browser safari / di browser yang biasa Anda gunakan. Untuk Safari Anda bisa masuk ke Settings -> safari dan tap “Clear History and Website Data”.

– Baca juga: 5 Web Browser Terbaik Tahun ini

5. Matikan auto update aplikasi

Jika iPhone Anda berjalan lambat, bisa jadi karena beberapa aplikasi sedang melakukan update versi secara otomatis yang dilakukan tanpa sepengetahuan Anda. Untuk itu mungkin Anda bisa mengganti auto update menjadi manual update. Untuk melakukan itu Anda bisa masuk ke Settings -> iTunes & App Store. Kemudian pilih off untuk Updates.

6. Matikan auto download

Mirip dengan auto update, fitur auto download juga dapat membuat iPhone berjalan lambat karena jika fitur auto update di aktifkan maka sebuah aplikasi yang sudah Anda download secara otomatis dapat mulai menginstal pada ponsel Anda. Walaupun cukup berguna, namun ini akan berpotensi membuat iPhone jadi lambat. Untuk mematikannya, Anda bisa masuk ke Settings -> iTunes & App Store, lalu pilih Off.

mempercepat iphone

iPhone (Image: Time.com)

7. Restart iPhone Anda

Sekali lagi perlu Anda ingat bahwa iPhoen adalah sebuah komputer mini, jadi harus diperlakukan mirip dengan komputer. Memang mudah untuk menggunakan iPhone setiap waktu, namun sesekali ada baiknya di restart. Karena dengan mematikan iPhone bisa membuatnya terlepas dari beberapa resource yang bisa membuatnya menjadi lambat. Mirip dengan manusia, mesin juga terkadang butuh istirahat agar tidak panas dan cepat melemah.

8. Hindari membuka banyak aplikasi berat secara bersamaan

Sebisa mungkin jangan menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan, Anda bisa menutup aplikasi yang tidak digunakan, dan cukup membuka aplikasi yang digunakan saja. Seperti game misalnya, tutup jika sudah tidak digunakan.

9. Cek apakah ada update baru yang tersedia, jika memungkinkan lakukan update

Setiap update biasanya akan membawa perbaikan-perbaikan, oleh karena itu usahakan agar iPhone Anda bisa mendapatkan update terbaru, Anda bisa melakukannya secara manual pada waktu senggang Anda. Namun perlu dipertahatikan juga apakah update yang tersedia tersebut kompatibel dengan hardware yang Anda miliki.