Trik Facebook ada banyak sekali, dan mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui hal tersebut. Saat ini hampir setiap orang memiliki akun Facebook dan membukanya setiap saat.

Sosial media nomor satu di dunia ini sudah mempunyai miliaran pengguna, dan bahkan dalam sehari diakses oleh satu miliar pengguna.

Sebagian besar dari pengguna memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan informasi terbaru yang sedang jadi trend, atau untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman.

trik facebook

Trik Facebook (Image: pcmag.com)

Mungkin Anda termasuk orang yang sudah menggunakan Facebook sejak lama, tapi apakah Anda sudah mengetahui trik-trik Facebook yang sangat berguna dan membuat Anda lebih produktif serta efisien.

1. Save It Later

Jika pada setiap browser Anda bisa melakukan bookmark untuk menyimpan link yang belum sempat Anda baca, maka pada aplikasi Facebook Anda melakukan bookmark, links, posts, photos, videos, lokasi di Facebook. Pilihan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyimpan link tersebut untuk dibaca di kemudian hari. Anda bisa membuka kembali link yang disimpan tersebut pada halaman “Saved” pada profile Facebook Anda. Atau bisa dengan membuka link ini:

Http://www.facebook.com/saved

2. Mengubah foto profile menjadi gambar GIF bergerak

Anda bisa menambahkan efek animasi keren untuk foto profil Anda di Facebook. Untuk melakukannya, Anda bisa buka aplikasi mobile Facebook, arahkan ke profil, pilih foto profil dan klik “Take A New Profile Video”.
Disana Anda bisa upload video pendek yang di looping (diulang) dan publish itu sebagai sebuah animasi GIF profil Anda.

– Baca juga: Cara Posting Gambar GIF ke Facebook Terbaru 2015

3. Mematikan auto play video di Facebook

Facebook akan otomatis memutas setiap video yang muncul di timeline Anda, dan itu tentu mengganggu apabila ada video yang tidak diinginkan diputar secara otomatis, apalagi hal tersebut bisa memakan kuota internet Anda. Untuk itu Anda bisa mematikan fitur autoplay tersebut, caranya mudah, klik Setting -> Video & Photos -> lalu pilih opsi play video ketika terkoneksi dengan WIFI, atau tidak pernah auto play sama sekali.

4. On this day feature

Facebook memiliki fitur ‘On This Day’ yang menampilkan aktivitas Anda pada hari yang sama di tahun lalu. Ini adalah cara yang cukup baik untuk mengingat momen dalam hidup Anda, namun terkadang ini juga bisa menggangu. Fitur ini sekarang sudah otomatis aktif di Facebook Anda.

5. Pengaturan NewsFeed untuk selalu menampilkan orang atau page tertentu

Apabila Anda tidak ingin ketinggalan update dari orang-orang atau dari Fan Page tertentu, Facebook bisa membantu Anda melakukan hal tersebut. Anda bisa memilih mereka melalui aplikasi mobile. Masuk ke Settings -> More -> Preferences News Feeds.
Anda bisa menandai orang atau halaman (fan page) yang ingin Anda lihat pertama. Pengaturan ini akan memberikan tanda bintang berwarna bisa di feed Anda.

6. Bagaimana orang lain melihat profil Anda

Anda ingin tau bagaimana tampilan ketika orang lain melihat profil facebook Anda? Karena terkadangkan ada postingan yang anda setting agar orang tertentu tidak bisa melihat.

Untuk melakukan itu Anda bisa masuk ke profil Anda, lalu klik tanda titik titik titik (3 titik) yang ada di View Activity Log, klik View As…, lalu di bagian pencarian, ketik nama orang yang Anda inginkan.

* Syaratnya nama harus orang yang berteman dengan Anda.

7. Menyembunyikan status hubungan

Anda dapat mencegah status hubungan dari yang dilihat oleh siapapun kecuali Anda. Update tidak akan muncul dalam News Feed Anda. Ketika mengedit status hubungan Anda, dibawah pilihan “Family and Relationship”, ubah privasi menjadi “Only Me”.