Profesi atau pekerjaan di bidang IT security dengan gaji tertinggi — Dunia IT memang sangat luas, banyak sekali bidang pekerjaan yang terdapat dalam dunia IT, mulai dari teknisi sampai ke manajer.

Dunia IT juga semakin hari semakin dibutuhkan, tentunya hampir seluruh kantor saat ini membutuhkan tenaga IT, setidaknya untuk juru ketik atau teknisi.

Namun luasnya dunia IT juga tidak luput dari kerawanan, keamanan data jadi sangat penting saat ini, imbuhnya imbalan untuk jasa keamanan datapun menjadi meningkat. Bagaimanapun kemanan memiliki peran utama dalam keberhasilan perusahaan.

Kemanan Komputer

Gaji Kemanan Komputer (qwealthreport.com)

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan di dunia IT pada bidang keamanan dengan bayaran termahal, seperti dilansir laman CIO.

1. Lead Software Securuty Engineers

Lead Software Securuty Engineers bertugas melakukan segala sesuatu mulai dari mempertahankan dan menyebarkan program pelatihan karyawan untuk mengembangkan aspek yang berhubungan dengan keamanan dan program aplikasi. Lead Software Security Engineer setidaknya sarjana ilmu komputer atau bidang yang sama dengan sertifikasi keamanan yang relevan. Soft skill, seperti komunikasi dan keterampilan kolaborasi juga sangat penting.

Rata-rata gaji: USD 233,333

2. Chief Security Officer

Chief security officer adalah seorang kepala keamanan data yang bertugas melawan selama ancaman yang muncul. Setidaknya harus bergelar sarjana ilmu komputer atau bidang serupa.

Rata-rata gaji: USD 225,000

3. Global Information Security Director

Peran ini melibatkan pemeliharaan dan pelaksanaan proyek-proyek keamanan informasi dan koordinasi respon terhadap pelanggaran atau serangan jika terjadi. Bidang ini juga setidaknya harus sarjana komputer atau bidang sejenisnya.

Rata-rata gaji: USD 200,000

4. Security Consultant

Konsultasi keamanan bekerja dengan klien untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk kemanan siber perusahaan. Selain mengetahui praktik terbaik dan prosedur yang harus mereka rekomendasikan, mereka juga harus menguasai teknik komunikasi, negosiasi dan menajemen. Organisasi biasanya akan mencari orang yang berpengalamn untuk mereka jadikan konsultan bagi perusahaan mereka.

Rata-rata gaji: USD 198,909

Baca juga: 10 Skill Yang Dibutuhkan Jika Ingin Kerja Di Google

5. Chief Information Security Officer

Bidang ini mirip dengan Chief Security Officer, namun lebih fokus ke pengamanan data organisasi dan kekayaan intelektual serta aset informasi yang terkait.

Gaji rata-rata: USD 192,500

6. Director of Security

Direktur keamanan bisa memiliki berbagai peran dan tanggung jawab sesuai dengan organisasinya, namun sebagian besar pekerjaan mereka berpusat pada meminimalkan resiko serangan sambil membimbing tim internal menjaga keamanan. Bidang ini juga perlu berinteraksi dengan karyawan serta vendor eksternal ataupun mitra, mereka harus memiliki soft skill yang baik.

Rata-rata gaji USD 178.333

7. Cyber security lead

Seorang kepala keamanan siber memiliki pekerjaan yang sangat menuntut dan memiliki tekanan tinggi, seperit mengevaluasi organisasi untuk kerentanan potensial dalam hubungannya dengan analis dan staf keamanan lainnya.

Rata-rata gaji: USD 175,000

(CIO)