Perusahaan besar dengan biaya pembuatan logo termurah — Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas berbagai perusahaan yang rela mengeluarkan uang jutaan dollar untuk melakukan branding serta pembuatan logo yang memorable, seperti perusahaan Symantec misalnya yang menghabiskan biaya $1,280,000,000 atau kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini Rp 13.000 maka menjadi Rp 16.640.000.000.000.

– Baca juga: 8 Biaya Pembuatan Logo Termahal di Dunia

Namun tahukah Anda kalau ada banyak juga perusahaan besar dunia yang tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk memiliki logo yang memorable dan dilihat oleh seluruh dunia.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan dengan biaya pembuatan logo paling murah di dunia seperti dilansir laman Simplio Web Studio.

1. Nike – Biaya $35

Ini mungkin terlihat mengejutkan bahwa logo yang sangat ikonik dan ternama seperti Nike ini hanya menghabiskan biaya $35 atau kalau dirupiahkan dengan kurs Rp 13.000 jadi sekitar Rp 455.000 saja.

logo nike

 

Pada tahun 1971, co-founder dari Nike, Phil Knight membawa Swoosh dari Carolyn Davidson, seorang mahasiswa desain grafis di Portland State University, disana Knight berucap “Saya tidak menyukainya, tapi mungkin ini akan berkembang besama saya”. Yap, akhirnya memang Nike menjadi perusahaan yang besar pada saat ini.

2. Twitter – $15

logo twitter

 

Hak cipta untuk logo burung biru tersebut dibeli oleh Twitter di iStockphoto hanya dengan harga $15. Sedangkan sang pembuat logonya, Simon Oxley mungkin hanya menerima $6 untuk pekerjaannya tersebut, karena di iStockphoto sistemnya adalah bagi hasil.

3. Google – Biaya $0

logo google

Walaupun logo warna-warni Google yang terkenal tersebut sudah mengalami perubahan beberapa kali, namun konsep utamanya tetap digunakan. Logo Asli yang dirancang pada tahun 1998 oleh Sergey Brin, salah satu pendiri Google. Dia menggunakan GIMP untuk merancang logo tersebut.

4. Microsoft – Biaya $0

logo microsoft

Logo Microsoft telah di update pada tahun 2012 dan logo perusahaan teknologi raksasa tersebut tidak mengeluarkan biaya tambahan, karena mereka menggunakan tim yang ada dirumah mereka untuk mendesain logo.

5. Coca-Cola – Baiya $0

Dan yang terakhir kita akan melihat pada salah satu desain logo terbesar dan paling dikenal sepanjang masa, salah satunya adalah Coca-cola. Ikon logo Coca-Cola diciptakan sejak 1886, oleh Frank M. Robinson, mitra dan akuntan John S. Pemberton, pendiri perusahaan. Dia juga yang menyerankan nama Coca-cola.

logo coca cola

Walaupun logo Coca-cola sudah beberapa kali mengalami perubahan, namun desain klasikya masih utuh hingga hampir 130 tahun.

Ternyata untuk memiliki logo yang terkenal itu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal ya, yang penting adalah mudah diingat oleh orang lain, sisanya adalah bagaimana melakukan pemasaran dari produk yang diwakilinya.