Orang yang sukses kerja remote — Kerja remote atau remote working sedang marak belakangan ini, dimana seseorang tidak perlu datang ke kantor untuk bisa bekerja, mereka bekerja pada sebuah perusahaan namun menyelesaikan pekerjaannya dari manapun dia mau, bisa dirumah, di cafe atau ditempat lain yang tidak harus berada di kantor tersebut.

Banyak pro kontra tentang keefektivitasan bekerja remote ini, CEO Yahoo! Marissa Mayer pada tahun 2013 mengeluarkan kebijakan yang menimbulkan gejolak di kalangan karyawan, yaitu dengan mewajibkan karyawannya bekerja di kantor.

“Untuk menjadi tempat terbaik mutlak untuk bekerja, komunikasi dan kolaborasi akan sangat penting. Maka kita perlu bekerja berdampingan,” kata Marissa dalam memonya kepada seluruh karyawan.

“Itu sebabnya, sangat penting agar kita semua hadir di kantor. Beberapa keputusan dan ide terbaik, berasal dari diskusi di lorong dan kafetaria kantor, bertemu orang baru dan pertemuan tim dadakan. Kecepatan dan kualitas sering dikorbankan ketika kita bekerja dari rumah,” jelasnya, seperti Jurnal Web kutip dari Detik.

Namun sebenarnya bekerja remote juga tidak menutup kemungkinan seseorang untuk bisa sukses, setidaknya untuk beberapa orang ini.

1. Richard Branson

Salah satu orang yang tidak sejalan dengan kebijakan Mayer adalah Richard Branson, yaitu Chairman Virgin Group, dia beranggapan, menghalangi orang kerja remote adalah sebuah kemunduran. Tidak aneh, Branson ialah salah satu penganut sistem bekerja dari mana saja.

richard branson

richard branson (Image: attitudes4innovation.com)

“Kami senang memberikan kebebasan pada orang-orang untuk bisa bekerja dari tempat yang mereka inginkan,” katanya. Dia yakin, mereka akan tetap memberikan performa kerja yang baik walau berada di luar kantor.