Alasan Firefox lebih baik dibanding Chrome – Google Chrome disebut sebagai browser nomor satu di dunia saat ini, menurut laporan pada Agustus 2015 Google Chrome disebut memiliki pangsa pasar sekitar 56% dan itu berarti Chrome menguasai pengguaan browser di perangkat Desktop. Namun banyak orang sepakat Google Chrome bukanlah yang terbaik, karena masih ada browser-browser lain seperti Firefox, Opera, Safari.

Satu hal yang membuat Google Chrome sangat populer seperti saat ini yaitu kemampuan browser besutan Google ini untuk melakukan sinkronisasi yang mereka tawarkan.

Tidak peduli Anda memiliki lebih dari satu perangkat desktop, beberapa smartphone atau bahkan memiliki sejumlah tablet PC, semua data browser tersebut bisa di sinkronisasi selama Anda menggunakan Chrome dengan akun Google yang sama.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (Image:hacked.com)

Apabila Anda menganggap sinkronisasi Chrome tersebut tidak terlalu bermanfaat, ada hal yang jauh lebih baik dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan browsing Anda yang ada di Mozilla Firefox.

– Baca juga: Lihat Proses Google Chrome Menguasai Pasar Browser Dunia

Berikut ini adalah lima alasan mengapa firefox lebih baik dari pada Chrome, seperti Jurnalweb.com dari Neurogadget.

1. Chrome memakan RAM terlalu banyak

Google Chrome selama bertahun-tahun telah berkembang menjadi juara dan jadi browser yang layak dipertimbangkan. Namun walaupun Chrome menawarkan rendering halaman yang tercepat, hal tersebut berimbas buruk pada RAM yang digunakan, dengan proses itu banyak RAM yang dipakai oleh Chrome saja yang mengakibatkan komputer berat jika digunakan untuk multitasking.

2. Ekstensi Browser

Tidak bisa dibantahkan jika Chrome memiliki banyak sekali ekstensi, namun Anda perlu tau kalau ada banyak ekstensi di Mozilla yang hanya hadir di browser tersebut saja. Salah satunya adalah Add-on NoScript yang hanya ada untuk pengguna Firefox.

– Baca juga: Browser Baru Microsoft Edge Lebih Cepat dari Chrome Hingga 112%

Selain itu banyak ekstensi Firefox yang memungkinkan pengguna untuk mendownload video youtube dengan mudah, namun ekstensi tersebut tidak bisa bekerja dengan baik di Chrome kecuali dengan melakukan tweak pada beberapa pengaturan keamanan di Chrome.

3. Privasi di Firefox lebih baik dibanding Chrome

Jika menurut Anda privasi adalah sesuatu yang sangat penting, maka Chrome jelas tidak cocok untuk Anda. Google bisa memantau Anda jika Anda menggunakan Chrome, dan dia bisa melakukan pelacakan apapun di akun Anda untuk bisa memastikan bahwa iklan mereka yang ditargetkan untuk Anda bisa relevan.

Chrome biasanya akan selalu meminta Anda melakukan sinkronisasi aplikasi dengan Google ID sehingga bisa tersinkronisasi dengan data Anda, dan ini adalah salah satu masalah privasi yang perlu dipertimbangkan.

Hal tersebut tidak terjadi di Firefox, malah banyak add-on lain yang bisa meningkatkan privasi.

4. Firefox lebih mudah digunakan

Jika dibandingkan dengan Google Chrome, Firefox termasuk browser yang sangat mudah untuk digunakan. Jika di Chrome Anda menemukan masalah dalam hal navigasi, khususnya jika membuka banyak tab. Elemen akan mulai mengecil dan lebih mengecil dengan masing-masing tab baru, dan pada akhirnya Anda akan kesulitan untuk mengetahui informasi dari masing-masing tab.

Sementara di Firefox hal tersebut diatasi dengan adanya scroll ke samping yang bisa membantu pengguna untuk melakukan scroll dengan menggunakan mouse.

Selain itu Anda juga akan menemukan sebuah kotak pencarian yang terpisah dan Anda bisa dengan mudah memilih mesin pencari apa yang akan Anda gunakan.

– Baca juga: Google Chrome for Android Sudah di Download 1 Miliar Kali

5. Firefox dilengkapi dengan render bawaan

Dalam hal ini, Chrome mungkin sama sekali bisa untuk gigi, padahal Anda ingin modus render ini hadir dan terpasang di Firefox, Edge dan Safari, dan itu sama sekali tidak ada di Chrome.

Dalam modus tersebut, semua iklan dihapus dari halaman web, dan pengguna mendapatkan tampilan antarmuka yang memungkinkan mereka untuk melihat sebuah artikel cetak yang menakjubkan. Oleh karena itu apabila membaca adalah sebuah kebutuhan utama Anda, maka Firefox tentu yang terbaik untuk Anda.